Informasi Umum

Lulusan sistem informasi paham proses bisnis organisasi, khususnya di bidang logistik, transportasi dan kemaritiman dengan praktek dan standar mutu yang baik.

Mengenal Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi menghasilkan lulusan yang memahami proses bisnis di dalam berbagai macam organisasi secara umum, khususnya di bidang logistik, transportasi, dan kemaritiman dengan praktek dan standar mutu yang baik.

Lulusan juga mampu mengembangkan sistem informasi yang menunjang performa organisasi dan mengembangkan aplikasi bisnis yang bisa menunjang persaingan bisnis di dunia global hari ini dan masa depan.

Bidang Keahlian Sistem Informasi

Bidang Keahlian yang dipelajari pada Program Studi Sistem Informasi

Dasar-dasar Sistem Informasi pada Bidang Maritim, Transportasi dan Logistik.

Analisis Data dan Pengelolaan Informasi

Pengelolaan infrastruktur TI dalam organisasi.

Pembentukan karakter yang menerapkan pengetahuan untuk kegiatan proyek sebagai Manajer Proyek SI.

Berlatih memecahkan masalah bisnis dan merancang sistem menggunakan SI/TI.

Pengelolaan sumber daya organisasi dan menciptakan strategi yang hebat untuk mencapai tujuannya.

 

Kekhasan Sistem Informasi

Pengelolaan Enterprise terutama pada bidang Tata Kelola dan Pengembangan TIK yang berfokus pada maritim, transportasi, dan logistik.

 

Kilas Balik Program Studi
Sistem Informasi


Program Sistem Informasi sudah ada sejak berdirinya Institut Teknologi Telkom Surabaya, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no. 733/KPT/I/ 2018.

Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Surabaya pada saat awal pendirian (tahun 2018) memiliki 7 dosen institusi, dengan jumlah dosen bergelar doktor sebanyak 1 orang. Saat ini sebagian dosen telah memiliki jabatan fungsional (Asisten Ahli dan Lektor) dan sebagian dosen sudah memiliki sertifikasi keahlian.

Pada tahun 2018 jumlah mahasiswa aktif Program Studi S1 Sistem Informasi sebanyak 19 orang. Pada tahun 2019 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 71 orang dan pada tahun 2020 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 184 orang, kemudian terus bertambah hingga sekarang.

22

Dosen

601

Mahasiswa

 

TERAKREDITASI BAIK

Saat ini Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Surabaya telah meraih status “Terakreditasi Baik”
melalui SK BAN-PT Nomor : 5430/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IX/2020

 

Informasi Lulusan Sistem Informasi

Gelar dan Profil Lulusan Program Studi Sistem Informasi

Gelar Sarjana

Setelah lulus dan menyelesaikan Program Studi Sistem Informasi, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom)

Profil Lulusan

Profil lulusan dari Prodi Sistem Informasi diantaranya adalah Business & System Analyst, Project Manager, IS Auditor, ERP Development dan IS Developer, Consultant and Solution Architect, System Integrator, Data Engineer.

 

Capaian Pembelajaran Sistem Informasi

Lulusan Program Studi Sistem Informasi akan memiliki kemampuan berikut setelah mengikuti  program sarjana ini

SikapPengetahuanKeterampilan UmumKeterampilan Khusus
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghargai keanekaragaman budaya.
  • Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sistem informasi secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam pengetahuan secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Menguasai konsep teoritis yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan serta mempu memformulasikan dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah.
  • Mempunyai pengetahuan dalam penyusunan algoritma pemrograman yang efektif dan efisien serta dapat merancang, membangun dan mengelola aplikasi sistem informasi secara tepat dan akurat untuk mendukung pengambilan keputusan.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data termasuk menerapkan kewirausahaan berbasis teknologi.
  • Mampu melakukan analisis & desain dengan menggunakan kaidah rekayasa software dan hardware serta algoritma dengan cara menggunakan tools dan dapat menunjukan hasil dan kondisi yang maksimal untuk aplikasi bisnis.
  • Memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga profesional untuk pengolahan basis data, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, komputer grafis, dan aplikasi multimedia serta memiliki kemampuan menulis laporan penelitian dengan baik serta mengelola proyek sistem informasi, mempresentasikan karya tersebut.
  • Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada domain Management and Governance (MAGO) atau Informatics Concepts (INCO).
  • Mampu membuat desain untuk kebutuhan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi desktop, website ataupun mobile.
  • Mampu mengintegrasikan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fungsional maupun secara nonfungsional termasuk sistem perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning / ERP).
  • Mampu membuat desain arsitektur database serta melakukan analisis data untuk menghasilkan informasi dalam pengambilan keputusan.
  • Mampu merancang, membuat, mengembangkan serta testing program aplikasi.

Visi & Misi
Program Studi Sistem Informasi

Visi

Menjadi Program Studi Berstandar Internasional di bidang Tata Kelola dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berfokus pada maritim, transportasi dan logistik”

Misi

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional di bidang Tata Kelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang informatika dan tata kelola yang diakui secara internasional.

Memanfaatkan keilmuan bidang informatika dan tata kelola untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, khususnya pada pengembangan industri kemaritiman, logistik, dan transportasi.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?