Berkolaborasi dalam Belajar: Pertukaran Pelajar Mahasiswa SI ITTelkom Surabaya ke ITTelkom Purwokerto

Pertukaran pelajar pada dasarnya merupakan program dimana mahasiswa dari sebuah institusi pendidikan tinggi menghabiskan periode tertentu di institusi pendidikan tinggi lain, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda, mengembangkan keterampilan, memperluas wawasan dan berinteraksi dengan budaya, bahasa dan lingkungan belajar yang juga berbeda. Program pertukaran pelajar ke Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga memiliki tujuan yang sama. Dilatar belakangi dengan adanya program pendanaan hibah pemerintah untuk Institut Teknologi Telkom Surabaya melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), pertukaran pelajar ini menjadi satu kesempatan yang sangat menarik untuk diikuti oleh mahasiswa ITTelkom Surabaya.

Aisyah Putri Amni Ramadhanti selaku mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2021 yang mengikuti program pertukaran pelajar ke ITTP menuturkan bahwa kegiatan belajar tidak hanya terbatasi di satu lingkup saja, sehingga perlu mencoba tantangan baru untuk menambah wawasan dan memberikan kesan yang berbeda di kehidupan perkuliahan. Terlebih, kesempatan ini hanya diberikan kepada prodi Sistem Informasi di lingkup Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis (FTIB), sehingga program ini bisa dibilang cukup jarang untuk ada di ITTelkom Surabaya.

Selain itu, Aisyah juga menyampaikan bahwa banyak hal-hal menarik yang didapatkan sejauh ini ketika mengikuti program pertukaran pelajar di ITTP, seperti bahasa dan budaya yang baru, makanan-makanan yang unik, serta lingkungan dan fasilitas kampus yang mendukung proses belajar. “Harapan untuk kedepannya, program ini bisa berlanjut dengan kampus tujuan yang lebih baik lagi tentunya.”, tuturnya ketika ditanya mengenai harapan ketika menyelesaikan program pertukaran pelajar ini.

Pengantaran mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar ke ITTP ini dilakukan pada Jumat, 15 September 2023 lalu, dengan didampingi oleh dua dosen prodi Sistem Informasi. Tita Ayu Rospricilia, S.Kom., M.Kom. selaku salah satu dosen yang mengantar mengatakan bahwa program pertukaran pelajar ini adalah kesempatan luar biasa untuk mengembangkan wawasan, pengalaman, dan pengetahuan, serta merupakan peluang untuk pertumbuhan pribadi dan profesional. “Jangan ragu untuk mengeksplorasi budaya dan lingkungan baru, tetapi juga jangan lupakan komitmen akademik teman-teman.” pesannya kepada perwakilan mahasiswa pertukaran pelajar.

Selain itu, Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM selaku Pejabat Pengganti Sementara (PGS) Kaprodi Sistem Informasi juga menyampaikan bahwa ITTP merupakan salah satu kampus yang berkualitas dan masih dalam naungan Yayasan Pendidikan Telkom, sehingga secara kurikulum dan materi masih cukup relevan untuk prodi Sistem Informasi di ITTelkom Surabaya. Namun, program ini belum tentu akan ada lagi tahun tahun berikutnya, sehingga diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk studi dengan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah. “Program ini belum pasti ada di tahun berikutnya, akan tetapi apabila ada maka program ini hendaknya dapat dimanfaatkan kuotanya semaksimal mungkin.” tuturnya tentang harapan untuk program pertukaran pelajar ini.

Program ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menggali potensi dan menambah wawasan maupun pengalaman dalam lingkungan belajar dengan suasana yang berbeda. Serta, untuk teman-teman mahasiswa yang sedang melakukan program tersebut, dapat kembali dengan pengalaman yang berharga dan dibagikan agar bermanfaat.

Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

(AFR)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?