Dosen Sistem Informasi Rilis Jurnal Terbaru di Bidang Machine Learning

Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM dosen Prodi Sistem Informasi IT Telkom Surabaya rilis jurnal terbaru. Jurnal yang berjudul “Research Partner Recommender System for Academia in Higher Education using Non-Linear Approach”. Penelitian ini diawali rasa pentingnya kolaborasi antar dosen.

“Berawal dari pentingnya kolaborasi dengan dosen yang mungkin kurang dikenali bidang penelitiannya karena dosen baru atau pindahan, sehingga sistem ini diharapkan dapat merekomendasikan kolaborasi yang lebih baik.” ujar Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom sewaktu di hubungi via Whatsapp.

Tentu dalam penelitian hingga publish jurnal, Nizar (panggilan dekat) tidaklah sendirian, melainkan ada tim yang membantu. Tim penelitian terdiri dari tiga orang dosen yaitu Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM ; Purnama Anaking, S.Kom., M.Kom ; Muhammad Dzulfikar Fauzi, S.Kom., M.Cs. ; dan tiga orang mahasiswa yaitu Sonaya, Ajeng, dan Akbar. Adapun mitra dalam penelitian ini ialah LPPM IT Telkom Surabaya. Dan objek dari penelitian ini merupakan Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis.

Penelitian ini termasuk ke dalam ranah text mining, natural language processing, dan machine learning, serta mengkombinasi dengan Nonlinear Approximation. Adapun metode yang dipakai yaitu menggunakan klasifikasi standar Algoritma Naive Bayes namun di akhir keluaran tidak dijadikan sebagai kelas pada umumnya tetapi diubah menjadi persentase menggunakan fungsi aktivasi Sigmoid (topik bahasan Nonlinear Approximation). Secara singkat penelitian ini melakukan pengambilan data secara manual dengan mengumpulkan paper terdahulu yang telah terindex oleh google scholar. Kemudian tiap paper diambil kata kuncinya (Keyword) lalu dimasukkan kedalam database (MySQL). Tiap keyword mengarah ke salah sati kelas dosen pemilik paper tsb. Sebagai Contoh Dosen A menerbitkan paper mengenai IoT, maka kata kunci IoT mengarah ke dosen tersebut. Sehingga ketika melakukan pencarian dengan keyword maka akan memunculkan persentase  dosen tersebut semakin besar.

“Karena kesederhanaan implementasi dan sesuai kebutuhan pencarian yang dinamis, bukan pencarian berdasarkan checklist, tapi bisa memasukkan kata apapun termasuk seperti ‘Surabaya’, ‘budaya’, dst yang bukan merupakan topik penelitian.” imbuhnya saat ditanyai mengenai metode tersebut.

Goals dan harapan dalam penelitian ini ialah dapat memberikan sudut pandang baru kepada civitas akademik, untuk saling berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas penelitian berikutnya

“Memberikan insights pendekatan kepada sivitas akademika yang lain yang mungkin dapat diterapkan oleh kampusnya, serta menambah kolaborasi, meningkatkan kualitas kolaborasi yang ada di ITTelkom Surabaya khususnya melalui sparring-ppm.ittelkom-sby.ac.id dan akademisi lain yang mengadopsi pendekatan ini.” Pungkasnya.

Penelitian ini dipublish pada tanggal 9 Desember 2022 di Politeknik Negeri Jakarta, IC2IE, IEEE. Anda bisa merujuk ke halaman berikut ini https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9970164. Dan anda dapat juga melihat kegiatan dosen Sistem Informasi lainnya disini.

(RFG)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?