Dua Mahasiswa Sistem Informasi Menjuarai Lomba Web Desain Tingkat Nasional

Program studi Sistem Informasi tak bosan-bosannya dalam mengukir prestasi di bidang IT. Kali ini, dua mahasiswa sistem informasi berhasil menyabet juara kedua di lomba web desain tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Kedua mahasiswa terserbut adalah Nur Azizah Rosidah dan Junanda Deyastusesa. Mereka berhasil menyabet juara kedua setelah melakukan presentasi final yang dilaksanakan secara luring pada tanggal 31 Maret 2023 di UAJY.

Lomba tersebut mengusung tema yakni pemberdayaan UMKM. Dengan tema tersebut, mereka mengusung website dengan topik e-commerce pada bidang pertanian. Berangkat dari permasalahan yang terjadi di daerah asal Juananda yakni kabupaten Ngawi, harga jual hasil tani yang begitu kecil dari para petani lokal membuat penghasilan para petani relatif kecil. melihat kondisi tersebut, Azizah serta Juananda memiliki ide untuk menciptakan sebuah website e-commerce yang dapat menghubungkan para petani lokal dan para pembeli secara langsung agar nilai jual hasil tani dari para petani dapat meningkat.

Dengan bimbingan oleh salah satu dosen sistem informasi yakni Bapak Purnama Anaking, S.Kom, M.Kom, Mereka berhasil membuat tampilan website tersebut dalam waktu 3 minggu. Mulai dari proses desain dengan tool figma, hingga implementasi menggunakan framework bootstrap. Website tersebut kemudian diberi nama “Fresh Harvest”.

Tampilan Fresh Harvest

Bagi Azizah dan Junanda, ini kali pertama mereka mengikuti presentasi final sebuah lomba, mereka mengaku gugup namun tetap percaya diri dengan website yang telah mereka buat. Selama mengikuti presentasi final, mereka menerima beberapa feedback, baik itu dari juri maupun peserta lain, seperti pemilihan warna serta font. Meraka menerima feedback tersebut agar dapat berkembang dikemudian hari.

Azizah dan Junanda menuturkan bahwa pengalaman ini telah memberikan mereka pelajaran untuk kita sebagai mahasiswa agar tidak pernah takut untuk mencoba berbagai hal yang positif. berawal dari keisengan mendaftar lomba hingga berhasil merebut juara kedua telah menunjukkan bahwa apabila kita berani mencoba serta bersungguh-sungguh maka hasil yang positif pula akan kita dapati.

Potret Kemenangan Azizah dan Junanda

Program studi Sistem Informasi juga senantiasa memberikan dukungan maksimal kepada seluruh mahasiswa agar dapat berprestasi. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program studi Sistem Informasi

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?