Kaderisasi P2SI Anagata Amerta: Inovasi dan Keseruan di Tahun 2024

Event yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi kembali digelar. Event ini adalah Kaderisasi P2SI Anagata Amerta 2024. Kaderisasi P2SI Anagata Amerta 2024 kembali hadir untuk menyambut dan membekali mahasiswa baru dengan berbagai kegiatan positif. Anagata Amerta sendiri memiliki arti “Masa depan yang abadi atau tidak mati” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Telkom University Surabaya. Sedangkan arti P2SI sendiri merupakan singkatan dari pengenalan sistem informasi.

Tujuan diadakannya Anagata Amerta adalah membuat kegiatan ini menjadi sarana yang dapat memberikan dampak positif sehingga bisa menjalin hubungan silaturahmi yang baik antar mahasiswa, himpunan, dan lembaga. Dengan tema “Mengembangkan Potensi Diri untuk Membangun Karakter yang Berkualitas dalam Segi Kepemimpinan, Kreativitas, dan Harmonisasi”, kaderisasi ini memberikan pengalaman yang penuh inovasi dan terobosan.

“Kaderisasi tahun ini memiliki banyak terobosan dan inovasi baru dari tahun sebelumnya, salah satunya yaitu jangka waktu pelaksanaannya yang awalnya hanya 3 hari, saat ini di ubah menjadi 1 semester. Hal ini dibuat agar karakter mahasiswa baru prodi Sistem Informasi dapat terbentuk. Selain itu, event ini juga di isi dengan berbagai kegiatan yang mendukung akademik mahasiswa seperti mewajibkan seluruh peserta mengikuti lomba gemastik dan berbagai materi untuk pengembangan karakter untuk mahasiswa tersebut. Harapan nya semoga kaderisasi periode selanjutnya bisa mengembangkan dan meneruskan inovasi dan terobosan yang sudah di implementasi pada tahun ini dan bisa menjadi lebih baik lagi.” Ujar Ansar Nur Jamas sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI).

Seperti yang dikatakan Ketua HMSI, Kaderisasi tahun ini berubah menjadi lebih lama dari tahun sebelumnya. Tentunya, event ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2023 atau mahasiswa baru. Kaderisasi Ini dimulai dengan acara pra kaderisasi yang dilakukan pada tanggal (30/0/2024) hingga day 4 offline pada tanggal (24/06/2024). Kaderisasi tahun ini dilakukan bergantian secara offline maupun online setiap minggunya.

Kegiatan kaderisasi yang dilakukan secara online meliputi pemberian materi untuk kaderisasi offline berikutnya, pengumuman tata tertib, atribut serta melakukan review terhadap penugasan kaderisasi yang dilakukan secara offline. Sedangkan kegiatan offline difokuskan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill para peserta kaderisasi. Hal itu dilakukan dengan pemberian materi dari beberapa dosen dari Sistem Informasi. Materi tersebut seperti tentang Smart City, Data Mininig, User Interface dan Basic Figma, Embracing Digital Evolution with Information System, Public Speaking, serta Etika dan Moral.

Namun, tidak hanya itu. Peserta kaderisasi juga diberikan beberapa tugas untuk meningkatkan skill serta kreativitas mereka. Seperti, para peserta harus mencatat materi-materi yang ada pada kaderisasi dan latihan membuat desain UI menggunakan Figma. Peserta kaderisasi juga dibagi menjadi beberapa kelompok untuk dibimbing mentor yang berasal dari kating untuk membuat LKTI dan didaftarkan pada lomba “Gemastik”. Tidak hanya itu, tema dari LKTI itu juga dijadikan mading yang nantinya akan dipamerkan kepada para siswa SMA yang melakukan kunjungan di Telkom University Surabaya.

Tidak hanya fokus pada akademik saja. Tentunya, kaderisasi ini juga penuh dengan beberapa permainan seru seperti pada day 3. Pada day 3 kaderisasi, para peserta bermain game untuk mencari pos tersembunyi dan harus menjawab pertanyaan dari pos tersebut hingga menyelesaikan semua pos yang ada. Pada day 4 juga diberikan permainan dan ditutup dengan awarding untuk memberi apresiasi peserta dengan beberapa nominasi serta penampilan para peserta dan panitia yang menunjukkan bakat dengan bernyanyi, drama, dance, dan paduan suara yang pastinya sangat meriah dan menyenangkan.

Wah!!, seru sekali ya event kaderisasi tahun ini. Selain mendapat keseruan, para peserta juga mendapatkan skill, pengetahuan dan tentunya mempererat pertemanan antar teman satu angkatan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar ke jurusan Sistem Informasi agar kalian bisa merasakan keseruannya juga. Kalian juga bisa mendapat informasi lainnya dengan mengakses link ini.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?