Kerja Praktik di PT Pelindo III, Mahasiswa Sistem Informasi ITTS Mengembangkan Aplikasi Web & Mobile Dengan Sangat Memuaskan

Magang atau Kerja Praktik merupakan salah satu kegiatan wajib yang ada pada Institut Teknologi Telkom Surabaya. Program tersebut ditujukan kepada mahasiswa agar dapat merasakan dunia kerja sekaligus menambah pengalaman dan keterampilan. Bagi mahasiswa sistem informasi, magang atau kerja praktik dapat dilakukan di berbagai perusahaan dengan bidang yang beragam, hal tersebut dikarenakan program studi sistem informasi berfokus pada kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas manusia yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi dan manajemen.

Banyak sekali masalah yang kerap dialami oleh anak magang, seperti dari dianggap remeh sehingga tidak dapat memaksimalkan pengalaman yang didapat. Kerap kali mereka diberi tugas yang kurang relevan dengan kemampuan mereka seperti membuat kopi, membuat salinan dokumen dan lain lain.

Hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi mahasiswa sistem informasi ITTelkom Surabaya. Mashedi, Putra Anugrah dan Rhevindra Permata. Tiga mahasiswa tesebut telah melaksanakan Kerja Praktik (KP) di Pelindo III sejak bulan Agustus hingga oktober 2022. Berawal dari program Kerja Praktik (KP) yang diadakan oleh prodi sistem informasi, mereka mulai mengirim proposal KP ke pihak Pelindo III kemudian melakukan interview dengan HRD. Seminggu berselang akhirnya mereka mendapat pengumuman bahwa mereka diterima untuk melaksanakan KP di PELINDO III. Semenjak melaksanakan KP, mereka bertiga Telah mengembangkan aplikasi web & mobile guna mengawasi pekerjaan sehari hari dari seluruh karyawan. Aplikasi tersebut bernama Sistematis yang merupakan permintaan dari IT Deputy Manager Pelindo III sub regional jawa. Walau dua dari tiga mahasiswa tersebut kini telah lulus dari ITTelkom Surabaya, namun hingga kini mereka masih diminta terus mengembangkan aplikasi tersebut oleh pihak Pelindo III. Hal tersebut menandakan bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat dirasakan manfaatnya bagi Pelindo III.

Aplikasi Web dan Mobile yang dikembangkan

Aplikasi tersebut dikembangkan menggunakan framework Laravel untuk website dan React Native untuk mobile. Dalam proses pengembangannya, ketiga mahasiswa tersebut menggunakan SDLC waterfall yang dimulai dengan pengumpulan data kebutuhan, dilanjutkan dengan proses desain, pengembangan serta testing dan terakhir yakni maintenance. Dalam pengembangannya pula, mereka melakukan kolaborasi dengan vendor pihak ketiga yang dimiliki oleh Pelindo III sebagai penyedia data.

Mereka bertiga menuturkan bahwa banyak sekali keilmuan yang mereka dapat pada perkuliahan yang dapat diterapkan di dunia industri. Mulai dari mata kuliah pemrograman, manajemen proyek, bisnis proses, manajemen resiko dan masih banyak lagi, klik disini untuk melihat mata kuliah yang disediakan prodi SI. Tidak hanya hard skill yang mereka dapatkan saat perkuliahan, soft skill yang mereka dapatkan di kehidupan organisasi kampus dapat mereka terapkan di dunia industri seperti etika, sopan santun serta tanggung jawab.

Ketiga mahasiswa tersebut berpesan bahwa kita sebagai anak magang harus komunikatif, adaptif dan harus memiliki inisiatif yang tinggi. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat berkontribusi dengan baik bagi perusahaan.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?