Kolaborasi ITTelkom Surabaya dengan FOKALIS : Tingkatkan Informasi Astronom Amatir Jatim

ITTelkom Surabaya kembali menorehkan langkah inovatifnya melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendukung komunitas astronomi amatir di Jawa Timur. Sasaran kolaborasi pada pengabdian masyarakat kali ini adalah Forum Komunikasi Astronom Amatir Lintas Jawa Timur (FOKALIS JATIM). FOKALIS Jatim merupakan sebuah wadah dari beberapa komunitas astronomi yang tersebar luas di Jawa Timur, dan dibentuk sebagai sarana untuk saling berbagi informasi seputar astronomi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan antar anggota lintas komunitas.

FOKALIS Jatim memiliki keterbatasan media sebagai identitas dari komunitas yang dapat digunakan sebagai media informasi, sehingga dalam penyebaran informasi hanya dilakukan melalui WhatsApp dan Instagram. Hal tersebut menjadi dorongan utama oleh tim pengabdian masyarakat untuk mengusulkan perancangan website sebagai media penyebaran informasi dan sebagai identitas komunitas FOKALIS Jatim itu sendiri.

Tim pengabdian masyarakat ini terdiri dari dosen prodi Sistem Informasi yang diketuai oleh Rokhmatul Insani, S.T., M.T., dengan anggota yaitu Ully Asfari, S.Kom, M.Kom., dan Noerma Pudji Istyanto, S.Kom., M.Kom. Kegiatan ini dilakukan dengan menjelajahi pendekatan yang inovatif untuk mengenalkan keterampilan teknologi informasi kepada komunitas astronomi amatir. Tidak hanya memberikan pemahaman-pemahaman dasar dari pembuatan website, namun, tim pengabdian masyarakat juga menawarkan platform yang informatif dimana peserta dapat langsung terlibat dalam penulisan artikel online. Gagasan-gasan unik tentang peluang dan tantangan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi terkait astronomi juga muncul pada sesi terbuka yang menggabungkan pandangan dari para peserta dan tiga perwakilan dari FOKALIS Jatim.

Kolaborasi antara ITTelkom Surabaya dengan FOKALIS Jatim ini diharapkan tidak hanya dalam membantu meningkatkan pemahaman TI di kalangan astronom amatir, namun, melalui sinergi yang baik diharapkan akan timbul peningkatan yang signifikan dalam pemahaman serta apresiasi terhadap astronomi di tingkat lokal. “Kami harapkan dengan adanya website ini terbentuk sebuah wadah komunikasi yang efektif antara anggota FOKALIS JATIM dan masyarakat. Anggota FOKALIS JATIM dapat menggunakan website ini untuk berbagi informasi terkait observasi astronomi dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan astronomi,” tutur Rokhmatul Insani ketika ditanya terkait harapan dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Selain dosen, tim pengabdian masyarakat ini dibantu oleh satu mahasiswa prodi Sistem Informasi angkatan 2019 yaitu Muhammad Daffa Adiyatma Yusuf. Daffa menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi satu langkah lebih maju bagi ITTelkom Surabaya dalam berkontribusi kepada masyarakat luas. Pada prosesnya, tim pengabdian masyarakat dan FOKALIS Jatim saling memberikan tanggapan dan saran yang sangat membangun. Ruang diskusi tercipta dengan baik sehingga diharapkan manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal. “Pihak FOKALIS JATIM sangat terbantu dengan adanya website sebagai identitas komunitas dan media penyebaran informasi yang baru, diharapkan dapat membantu anggota komunitas dan masyarakat dalam kemudahan mengakses informasi astronomi dengan informasi yang aktual.” ujar Daffa terkait harapan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukannya.

ITTelkom Surabaya akan terus berinovasi, berkarya dan memberikan aksi-aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satunya dengan rutin mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti pengabdian masyarakat ini. Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa langsung cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

(AFR)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?