Mahasiswa Sistem Informasi Menjadi Presenter di IEEE Conference

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan salah satu organisasi terkemuka dalam bidang teknik elektronika dan komputer. IEEE sering mengadakan berbagai konferensi ilmiah yang dihadiri oleh para profesional dan peneliti dari seluruh dunia. Konferensi ini menjadi sarana penting bagi para peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitian terbaru mereka dan memperluas jaringan kolaborasi.

Pada Desember 2022 kemarin, salah satu mahasiswa Sistem Informasi ITTelkom Surabaya, Ahmad Ihsan Fuady mendapat kesempatan untuk menjadi presenter pada IEEE Conference yang diselenggarakan di Jogjakarta. Mahasiswa yang kerap disapa Ihsan ini berkesempatan untuk mempresentasikan penelitian dengan judul “ITTS Mart: Mobile Application Design using Lean-UX“. Penelitian tersebut berisi tentang implementasi Lean-UX pada desain aplikasi ITTS Mart. ITTS Mart merupakan aplikasi marketplace yang berisi barang barang atau makanan yang dijual di ITTelkom Surabaya, seperti koperasi, warung rooftop, ITTS coffe dan banyak lagi.

Semua bermula ketika Ihsan berkesempatan untuk menjadi asisten peneliti dari dua dosen ITTelkom Surabaya yakni Ibu Hawwin Mardhiana, S.Kom., M.Kom. dan ibu Rizqa Amelia Zunaidi, S.T., M.T.. penelitian tersebut telah terakreditasi SINTA 3 (Science and Technology Index) dan akan di publikasikan di IEEE. Mempresentasikan penelitian yang telah dilakukan merupakan salah satu syarat untuk publikasi di IEEE. Oleh karena itu, Ihsan diberi kepercayaan untuk membawakan presentasi penelitian tersebut pada konferensi internasional IEEE Conferece. Ihsan membawakan presentasi terkait penelitian tersebut melalui zoom meeting yang dipecah menjadi beberapa room. Pada room tersebut, Ihsan bersama dengan 8 presenter lain telah berhasil mempresentasikan penelitiannya. Ihsan mengaku cukup kagum dengan penelitian lain yang ia saksikan pada saat conference. Hal tesebut cukup mebuka pandangannya terkait budaya penelitian di Indonesia yang membuatnya terkagum.

Program Studi Sistem informasi sangat terbuka kepada mahasiswanya yang ingin turut serta menjadi asisten penelitian yang dikerjakan oleh para Dosen. Tentunya kurikulum yang ada sangat mendukung seluruh mahasiswa agar turut dapat menjadi asisten peneliti. Cek kurikulum dan rencana belajarnya disini.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?