Mahasiswi Sistem Informasi Menjadi Pembicara Internasional di Acara Bergengsi

Tidak hanya di skala nasional, mahasiswi prodi Sistem Informasi telah GO Internasional. Dengan menjadi Panelist mewakili Institut Teknologi Telkom Surabaya di event bergengsi yang diselenggarakan oleh UiTM Pahang, Malaysia. Event yang bernama International Leadership Exchange Program (ILEP) by UiTM Pahang, Malaysia dilaksanakan secara online pada hari Minggu 25 Juni 2023. Event yang yang bertepatan dengan tema “International Leadership Exchange Programe” yang berfokus mengenai kepemimpinan dalam dunia mahasiswa. “Saya membawakan cerita dan hal menarik yang saya alami ketika menjadi seorang leader dalam sebuah kepanitiaan dan kehidupan pribadi saya. Saya juga menceritakan darimana sekiranya saya mendapatkan kemampuan leadership tersebut dan bagaimana cara menjadi leader yang baik menurut versi saya sendiri kepada para audience” Ujar Fannijara Enggar Larasati mahasiswi Prodi Sistem Informasi Angkatan 2020.

Fanni nama sapaannya menjabarkan bagaimana dia dapat menjadi panelist, yaitu ketika wawancara mahasiswa berprestasi, fanni mendapatkan tawaran tersebut. Tentu menjadi kesempatan emas baginya. Fanni menuturkan bahwa ini merupakan pengalaman baru sehingga memerlukan persiapan yang matang. “Tentunya event tersebut merupakan kesempatan dan pengalaman baru bagi saya sehingga dalam persiapannya banyak yang butuh saya tingkatkan demi performa ketika acara berlangsung. Jadi, banyak yang saya tingkatkan dalam waktu-waktu menuju event tersebut tiba. Jantung saya masih belum bisa berhenti berdebar sampai dengan acara berlangsung. Ketika acara berlangsung saya sangat menikmati kalimat demi kalimat yang diucapkan oleh panelist lain dalam membagikan pengalaman mereka. Saya juga menikmati obrolan dengan MC yang merespons dengan sangat baik cerita cerita yang saya bagikan. Saya juga menanggapi beberapa pertanyaan audience yang antusias ditanyakan pada saya. Antusias, intensitas dan kualitas komunikasi saya dengan audience saat itu terasa saling menghubungkan untuk membuat acara menjadi lebih bermanfaat.” Imbuhnya

Fanni juga memberikan apa saja yang ia persiapkan, tentu hal yang dipersiapkan ialah memperbanyak latihan, mencoba latihan berbicara, dan meminta saran dan masukan kepada teman. Tidak lupa fanni memberikan tips and trick buat menjadi Panelist / Narasumber yang keren:

  1. Kamu harus memahami event apa yang akan kamu hadiri, tujuan dari event itu apa, bagaimana nanti kamu harus menghadiri acara tersebut, siapa yang menyelenggarakannya, intinya memahami acara yang akan kita hadiri itu penting. Sebisa mungkin kita harus paham ibarat dari ujung barat hingga ujung timur dari acara tersebut.
  2. Kamu harus melakukan persiapan yang matang untuk setiap acara penting. Sebagai panelist, tugas saya dalam acara tersebut adalah membagikan pengalaman dan cerita. Jadi, saya menulis terlebih dahulu hal-hal penting yang ingin saya ceritakan (bukan skrip untuk dibaca ketika acara!) dalam bentuk point-point penting yang harus dibaca. Jadi, ketika melakukan latihan apalagi untuk acara penting contohnya yang memiliki skala internasional seperti ini, kamu tidak merasa bahwa kamu tidak mampu atau tidak bisa melakukannya. Menyerah sangat tidak saya rekomendasikan untuk kalian yang ingin maju ! justru dengan latihan dan persiapan banyak sebelum acara menjadikan kamu percaya diri untuk tampil ketika acara. Tidak perlu menerapkan yang saya terapkan, Jadi kamu bisa berlatih dengan caramu sendiri sebagai bentuk usaha yang maksimal.
  3. Memperhatikan penampilan itu penting ! kamu butuh tampil bersih, rapi dan profesional untuk tampil dalam sebuah acara. Tidak hanya di panggung hiburan saja, tetapi panggung pendidikan seperti ini kamu juga butuh untuk menunjukkan penampilan yang baik dan rapi supaya kamu terlihat professional.
  4. Latihan pernapasan dan pengucapan dan hindari kalimat-kalimat tidak efektif supaya tidak terjadi adanya mis-pronounce atau salah ucap. Seringkali ucapan kita terkesan tidak efektif atau yang biasa disebut “belibet”. Usahakan semaksimal mungkin untuk melatih pengucapan agar peristiwa seperti ini dapat terminimalisir terjadi. 
  5. Menjaga attitude dan tutur kata. Setiap statement dan kalimat yang kita lontarkan mengandung nama baik dari Institusi dan diri kita sendiri. Jadi sopan santun harus tetap dijaga demi nama baik yang kita bawa sebagai perwakilan. Jangan sampai orang lain atau tuan rumah yang mengundang kita sampai berpikiran bahwa kita tidak terdidik dengan baik !
  6. Jangan sampai lepas doa dan restu dari orangtua. Segala kesuksesan dan keberhasilan tidak akan pernah sempurna jika hanya dilakukan dengan usaha tanpa doa. 

Demikian beberapa tips dari saya untuk menjadi panelist yang baik. Bukan cara-cara yang sempurna tetapi semoga bisa bermanfaat dan dapat diterapkan sebagai bentuk ikhtiar dan usaha dalam mencapai tujuan. Semoga teman-teman juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi panelist juga !” Pungkasnya. Anda dapat juga bisa melihat kegiatan Prodi Sistem Informasi lainnya di sini atau dapat juga melalui youtube kami.
( RFG )

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?