Virtual Reality (VR) adalah teknologi canggih yang memberikan pengalaman menciptakan simulasi dunia virtual yang menyerupai kenyataan. Teknologi ini kini tidak hanya populer di industri hiburan, tetapi juga mulai merambah ke dunia pendidikan. Dengan perangkat VR, siswa dapat belajar melalui simulasi interaktif yang menjembatani teori dan praktik. Perkembangan VR yang semakin pesat membuat teknologi ini menjadi lebih mudah diakses, hal ini memungkinkan institusi pendidikan untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Salah satu contoh penerapan VR dalam pendidikan terlihat dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan Telkom University Surabaya yang memperkenalkan modul pembelajaran berbasis VR kepada siswa SMK, menawarkan cara belajar inovatif yang sesuai dengan kebutuhan era digital.

Pada 13 November, Telkom University Surabaya mengikuti kegiatan Inklusi Sosial melalui Literasi Kewirausahaan SMK se-Kota Malang dengan mengangkat Media Pembelajaran Virtual Reality (VR) sebagai teknologi masa depan. Kegiatan ini melibatkan tiga mahasiswa Sistem Informasi bersama dua dosen Sistem Informasi pendamping, Bapak Adzanil Rachmadhi Putra, S.Kom, M.Kom, dan Bapak Purnama Anaking, S.Kom, M.Kom. Persiapan dari kegiatan ini dimulai sejak Agustus 2024 yang mencakup serangkaian kerjasama dengan pertemuan bersama tim ITS untuk merancang modul pembelajaran berbasis VR, mendesain modul, serta mengkonfigurasi perangkat VR wireless.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Kota Malang. Pada acara ini, modul pembelajaran berbasis VR diperkenalkan secara langsung kepada siswa SMK. Dalam sesi praktik, siswa berkesempatan mencoba perangkat VR untuk menjalankan simulasi berbasis game. Game ini dirancang dengan tujuan atau “goals”, seperti menyelesaikan simulasi kewirausahaan secara virtual. Acara ini diharapkan menjadi awal dari pengembangan lebih lanjut dalam penerapan teknologi modern di dunia pendidikan, khususnya bagi siswa SMK yang membutuhkan pengalaman praktis dalam proses pembelajaran mereka.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang membawsa Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran ini menunjukkan bagaimana teknologi modern dapat diintegrasikan dalam dunia pendidikan. Dengan kolaborasi antara Telkom University dan ITS, acara ini menjadi langkah awal dalam membuka peluang pembelajaran berbasis teknologi yang lebih interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital. Kehadiran VR di lingkungan pendidikan, seperti yang diperkenalkan kepada siswa SMK di Kota Malang, memberikan harapan besar untuk masa depan pendidikan yang lebih adaptif dan inovatif, sekaligus membekali generasi muda yang kreatif dan siap menghadapi tantangan masa depan.