Menjelajahi Dunia Kerja Programmer Melalui Kuliah Tamu Sistem Informasi

Prodi Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom Surabaya (SI ITTS) melaksanakan kuliah tamu dengan menghadirkan narasumber founder Zetabot dan selaku  praktisi berpengalaman di bidang programming Glend S Maatita pada hari Sabtu (24/06/2023) via aplikasi Zoom. Kuliah tamu yang dimulai pukul 09:00 dan berakhir pukul 10:30.

Kuliah tamu yang mengangkat tema “Membangun Soft Skill dan Kompetensi di Bidang Pemrograman Dalam Menghadapi Dunia Kerja” dihadiri setidaknya 120 mahasiswa Sistem Informasi yang sedang mengambil mata kuliah Kapita Selekta dan Pemrograman framework. Kuliah Tamu ini bertujuan untuk memberi gambaran bagaimana dunia kerja dan bagaimana mempersiapkannya. Mahasiswa nampak antusias mengikuti kuliah tamu tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan menarik. Dalam kuliah tamu tersebut terdapat tiga point utama materi yang dibahas oleh Glend S Maatita yaitu : 

  1. Saat memulai karir di bidang pemrograman, penting bagi kita untuk memiliki portofolio yang mencerminkan pemahaman dan penerapan kita terhadap kasus-kasus yang telah dipecahkan selama masa kuliah. Portofolio ini menjadi bukti konkret bagi perusahaan yang ingin merekrut kita, menunjukkan bahwa kita telah mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam penyelesaian masalah nyata. Meskipun portofolio dapat dibentuk melalui tugas akhir atau proyek-proyek akhir mata kuliah, ini bukan satu-satunya cara; tugas-tugas akhir atau proyek lainnya juga dapat diadopsi.
  2. Sertifikasi juga berperan penting dalam memperkuat portofolio kita. Rekruiter melihat sertifikasi sebagai indikator nilai tambah, mengingat sertifikasi dikeluarkan oleh lembaga yang memiliki otoritas dan reputasi di industri.
  3. Kontribusi aktif dalam komunitas programmer global, seperti melalui platform seperti GitHub, Stack Overflow, dan media sosial, juga memiliki dampak positif. Aktivitas membantu sesama dalam menyelesaikan masalah dan mendapatkan apresiasi dari pengguna lain dapat meningkatkan reputasi kita di mata recruiter.

Dalam perjalanan memasuki karir sebagai programmer, portofolio tetap menjadi faktor utama. Namun, sertifikasi dan interaksi aktif dalam komunitas juga turut membantu membangun citra profesional.

“Bagi mahasiswa, bisa mendapatkan gambaran apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk meniti karir di bidang pemrograman, sehingga mereka bisa fokus menggunakan waktunya untuk mempersiapkan apa-apa saja yang perlu dipersiapkan, jadi ketika mereka lulus nanti sudah matang dan siap untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan kualifikasi yang ideal ada portofolio, dibuktikan dengan sertifikasi dan nilai mata kuliah yang baik, akhlak baik, maka matang sudah persiapan nya Insya Allah. Bagi yang baru lulus, tidak ada kata terlambat, mungkin bisa fokus untuk tetap melakukan persiapan-persiapan tersebut tanpa adanya tanggungan-tanggungan perkuliahan.” Harapan Adzanil Rachmadhi Putra, S.Kom, M.Kom selaku moderator kuliah tamu tersebut.

Semoga kuliah tamu ini dapat memberikan pandangan dan pengetahuan baru untuk anda sebagai mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja. Anda dapat menyimak rekaman kuliah tamu pada video di bawah ini dan anda dapat juga bisa melihat kegiatan Prodi Sistem Informasi lainnya di sini atau dapat juga melalui youtube kami.

(RFG)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?