Meraih Inovasi dengan Teknologi : Anagata Amerta 2023

Pada akhir Oktober lalu, ulang tahun program studi Sistem Informasi dirayakan melalui acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI), yaitu Anagata Amerta 2023, dimana acara ini menggabungkan banyak program kerja dari beberapa departemen. Dengan mengusung tema “Technology and Creativity”, rangkaian acara Anagata Amerta 2023 dibuka dengan hari pertama pada 30 Oktober 2023 yang diisi dengan Dies Natalis Sistem Informasi, Seminar Kewirausahaan dan Sintalk : Kuliah Tamu, sementara hari kedua pada 12 November 2023 diisi dengan Welcome Party Mahasiswa SI angkatan 2023. Anagata Amerta 2023 sendiri bersifat wajib bagi mahasiswa baru, namun tetap terbuka untuk seluruh civitas SI lainnya guna ikut memeriahkan acara.

Terdapat banyak hal yang menjadi tujuan utama diadakannya acara ini, antara lain yaitu untuk mengajak seluruh civitas SI merayakan hari jadi prodi Sistem Informasi beserta merayakan pencapaian serta prestasi yang telah diraih. Selain itu, adanya Seminar Kewirausahaan dan Sintalk : Kuliah Tamu ini bertujuan untuk memberikan ilmu baru yang menarik pada seluruh peserta yang hadir. Sementara, diadakannya Welcome Party di hari kedua Anagata Amerta 2023 yang bersifat non-formal menjadi puncak keseruan acara sekaligus sarana bagi civitas SI untuk menyambut kehadiran mahasiswa baru di prodi Sistem Informasi.

Anagata Amerta 2023 dibawakan dengan konsep yang cukup berbeda dari tahun lalu. Berkaitan dengan hal tersebut, Putri Zahrafi Anam selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari Anagata Amerta tahun lalu dengan tahun ini, dimana tahun lalu konsep acaranya adalah tradisional, sementara tahun ini berkonsep modern. “Tema technology yang dikembangkan ditunjukkan dari penampilan guest star dan pengisi acara, isi seminar, hingga dekorasi venue. Kemudian, segi creativity ditunjukkan melalui lomba serta penugasan untuk peserta. Selain itu, dresscode dari peserta maupun panitia yang mewajibkan menggunakan aksesoris bebas berwarna ungu yang sesuai dengan color pallete dari acara. Dengan begitu baik peserta maupun panitia dapat berkreasi dengan kreativitasnya masing-masing.” lanjutnya mengenai hal menarik dan gebrakan yang berbeda pada Anagata Amerta 2023.

Selain itu, Putri juga menyampaikan bahwa terdapat perasaan cemas sekaligus tertantang ketika menjadi ketua pelaksana Anagata Amerta 2023. “Saya belajar bagaimana bisa mengatur diri saya sendiri dan juga panitia yang berjumlah 59 orang agar dapat disiplin dalam melaksanakan tanggung jawab mereka dan bagaimana saya bisa memastikan bahwa acara berjalan dengan lancar. Tidak hanya rangkaian acaranya, namun juga komunikasi antar panitia itu sendiri.” ungkapnya tentang kesan menjadi ketua pelaksana sekaligus panitia Anagata Amerta 2023.

Salah satu rangkaian acara Anagata Amerta 2023 kemarin adalah adanya pemilihan Komandan Tingkat (Komting) angkatan 2023, dimana pemilihan dilakukan pada hari pertama melalui Google Form, dan diumumkan pada puncak acara yaitu hari kedua. Berdasarkan hasil pemilihan, Muhamad Daiva Arga Azura resmi menjadi Komting angkatan 2023. “Saya berharap teman-teman angkatan 2023 semoga bisa lebih akrab, solid, dan bisa lulus bersama-sama. Karena, kalau masuknya bersama-sama, keluarnya juga harus bersama-sama.” tuturnya ketika ditanya tentang harapan untuk angkatan 2023 kedepannya. Disamping terpilih menjadi Komting angkatan 2023, Daiva juga menyampaikan bahwa Anagata Amerta 2023 memberikan kesan yang sangat menarik dan juga seru.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Daiva, Raulia Riski, S.Kom., M.Kom., M.M.S. selaku salah satu dosen prodi Sistem Informasi yang turut hadir pada acara tersebut juga menuturkan bahwa Anagata Amerta 2023 berkesan sangat baik, karena keseluruhan acaranya diadakan, dibawakan dan diisi oleh beragam penampilan yang sangat menghibur dari mahasiswa/i Sistem Informasi. “Semoga Anagata Amerta tahun depan bisa lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih meriah lagi dengan mengundang lebih banyak pihak yang dapat memberikan masukan positif dalam hal apapun bagi panitia maupun peserta.” tuturnya mengenai harapan untuk Anagata Amerta tahun berikutnya.

ITTelkom Surabaya akan terus berinovasi untuk menghasilkan karya-karya yang menarik bagi keseluruhan institusi dan masyarakat. Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap dan menarik mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

(AFR)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?