Pengabdian Masyarakat Dosen Sistem Informasi dalam Pelatihan Aplikasi E-PSKS di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur

ITTelkom Surabaya mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi dengan melakukan berbagai pengabdian masyarakat. Pada bulan Juli 2023 lalu, ITTelkom Surabaya melakukan pengabdian masyarakat melalui dosen dan mahasiswa prodi Sistem Informasi dengan memberikan pelatihan aplikasi pengelolaan data potensi dan sumber kesejahteraan sosial Provinsi Jawa Timur (e-PSKS). Mitranya adalah pihak Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Hal yang mendorong dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah proses pengelolaan dan penyajian data maupun informasi yang masih terkendala karena dilakukan melalui Microsoft Excel dan dikirim melalui e-mail, sehingga memperlama proses pendataan dan rentan kesalahan.

E-PSKS sendiri merupakan suatu aplikasi yang bersifat real-time untuk pelaporan data potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang dapat memberikan feedback berupa pemberian catatan maupun penerimaan data ketika data yang dilaporkan kurang lengkap. Aplikasi ini juga dapat memberikan penolakan apabila terdapat kesalahan pada data.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh beberapa dosen prodi Sistem Informasi, antara lain yaitu Sri Hidayati, S.Si., M.Stat., Affifiana Prisyanti, S.Kom., M.Kom., dan Arip Ramadan, S.Si., M.Stat. Sri Hidayati menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, karena selain memberikan ruang untuk mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di perkuliahan dalam pengembangan aplikasi website, namun seluruh tim juga bisa dengan langsung berkoordinasi dengan masing-masing perwakilan pilar untuk mendengarkan masukan terkait pengembangan aplikasi E-PSKS.

Selain itu, Sri Hidayati juga menambahkan bahwa terdapat hal unik pada kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, dimana dijumpai berbagai macam karakter pilar sosial yang mengharuskan beliau dan tim untuk bisa menengahi serta menerima masukan dari masing-masing pilar. “Harapan kedepannya semoga dapat diadakan pelatihan penggunaan aplikasi website E-PSKS ke perwakilan kabupaten pilar-pilar sosial, serta dapat digunakan dan diimplementasikan secara real untuk penggunaan aplikasi website dalam pendataan E-PSKS oleh Dinas Sosial Jawa Timur.” tuturnya mengenai harapan kedepannya dari kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Selain dosen, terdapat beberapa mahasiswa prodi Sistem Informasi yang turut mewarnai kegiatan pengabdian masyarakat ke Dinas Sosial Jawa Timur ini. Antara lain yaitu, Bagus Cahyo, Chrisdion Andrew, Arcadius Obaja Naarie serta satu mahasiswa dari prodi Informatika. Bagus Cahyo menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan kesan yang menyenangkan, karena dapat belajar banyak hal baru, terlebih dalam pengoperasian teknologi baru untuk sistem website.

“Hal menarik dari sisi developer adalah ketika memahami kebutuhan pengguna yang membuat kita harus lebih berpikir secara kritis mengenai bagaimana menghasilkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan.” tambahnya ketika ditanya mengenai hal menarik ketika melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

ITTelkom Surabaya akan terus berinovasi, berkarya dan memberikan aksi-aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

(AFR)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?