Pengabdian Masyarakat Dosen Sistem Informasi di Al-Barra Studio Kota Malang

Masih dengan Tri Dharma perguruan tinggi, ITTelkom Surabaya kembali melakukan pengabdian masyarakat melalui dosen Sistem Informasi beserta mahasiswa. Kali ini, pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pengembangan website Content Management System (CMS) untuk pegiat konten di Al-Barra Studio yang berbasis di Kota Malang. Dosen ITTelkom Surabaya yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain yaitu Adzanil Rachmadhi Putra, S.Kom, M.Kom., Rosyid Abdillah, S.Si., M.Kom., dan Riza Akhsani Setyo Prayoga, S.Kom., M.MT.

Al-Barra Studio sendiri berfokus pada melakukan rekaman murottal dan berkeinginan untuk berkontribusi pada pemahaman Al-Qur’an dan spiritualitas di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Alasan menjadikan Al-Barra Studio sebagai mitra pengabdian masyarakat adalah agar memiliki website, sebagai salah satu media informasi untuk membagikan profil Al-Barra secara umum kepada masyarakat.

Hal yang mendorong dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi untuk membawa kemaslahatan pada ummat, dan agar masyarakat dapat mengetahui bahwa ada saudara-saudara muslim di daerah yang lain yang sedang berkarya dan dirasa perlu untuk diinformasikan.

Adzanil Rachmadhi Putra, S.Kom, M.Kom., selaku salah satu dosen prodi Sistem Informasi yang berkontribusi menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meraih ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan niat membantu sesama muslim. Selain itu, juga untuk mendukung visi misi dari Al-Barra Studio dan memanfaatkan website secara optimal. Adzanil juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan kesan yang sangat menyenangkan karena mitra kali ini cukup berbeda dari mitra-mitra pengabdian masyarakat sebelumnya, dimana kerja sama kali ini tidak berorientasi pada profit.

Selain itu, menurut Adzanil terdapat hal menarik pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, antara lain yaitu ketika tim pengabdian masyarakat ditawari rekaman untuk mengetahui apakah nada dan cara membaca Al-Qur’an mereka sudah benar atau belum, karena seluruh peralatan yang ada di studio rekaman Al-Barra adalah peralatan rekaman yang mutakhir. “Harapannya adalah pengembangan aplikasi berbasis website CMS ini dapat berkembang dari waktu ke waktu, baik dari sisi fitur informasi yang disediakan, tampilannya, maupun kedepannya nanti bisa memiliki aplikasi yang berbasis mobile.” tuturnya ketika ditanya mengenaik harapan kedepannya dari kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, dosen Sistem Informasi dibantu oleh beberapa mahasiswa, antara lain Muhammad Taufikkurahman, Shanaya Lubna Dio dan Machfud Ichsan Khoirudin. “Mengikuti pengabdian masyarakat sebagai tim dapat memberikan pengalaman yang memperkaya, karena dapat membangun keterampilan kolaborasi, meningkatkan rasa tanggung jawab secara sosial dan juga memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar.” ujar Muhammad Taufikurrahman, selaku mahasiswa yang berasal dari prodi Sistem Informasi yang turut berkontribusi pada kegiatan pengabdian masyarakat ini. Selain itu, Muhammad Taufikurrahman juga menyampaikan bahwa terdapat studio musik yang keren pada Al-Barra Studio di Kota Malang.

ITTelkom Surabaya akan terus berinovasi, berkarya dan memberikan aksi-aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa langsung cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

(AFR)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?