Prestasi Tiada Henti: Mahasiswa SI Telkom University Surabaya Raih Penghargaan di Innovillage 2023

Sekali lagi, mahasiswa Sistem Informasi Telkom University Surabaya kembali meraih prestasi yang membanggakan. Pada tanggal 09 Maret 2024, tim mahasiswa Telkom University Surabaya berhasil mendapat prestasi yang luar biasa dalam kompetisi Innovillage 2023. Innovillage adalah kompetisi yang diselenggarakan melalui kerjasama antara PT Telkom Indonesia bersama Perguruan Tinggi dengan Telkom University sebagai host.

Tim Connect Care Pediatrics mendapat penghargaan “Best Stunting Reduction Solution” dengan judul project “Pembuatan Iot dan Perancangan Website “Connect Pediatrics” Untuk Monitoring Kesehatan Balita pada Posyandu”. Tim yang meraih prestasi ini beranggotakan Rendy Adi Fatma Saputra, Daffa Fakhuddin Arrozy, Johanes Abner Sebastian dengan dosen pembimbing Eka Sari Oktarina S.Kom, M.Eng. Dimana Rendy Adi Fatma Saputra dan Johanes Abner Sebastian merupakan mahasiswa Sistem Informasi Telkom University Surabaya angkatan tahun 2021.

Project ini mengangkat tema penurunan stunting dengan membuat inovasi alat IoT yang terintegrasi dengan website. Project ini memiliki fokus pada pencapaian tujuan sesuai dengan SDGs 3 tentang kehidupan sehat dan sejahtera bagi masyarakat. Cara kerja project ini adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat badan dan tinggi badan pada anak akan langsung melakukan perekapan data ke database yang bisa diakses oleh  orang tua balita, data tersebut juga akan membantu pekerjaan para bidan di Posyandu untuk menginput data ke EPPGBM.

“Program innovillage ini seru dan memotivasi, kami sebagai tim banyak keluar dari zona nyaman dan yang biasanya materis sekarang semuanya di implementasikan di masyarakat dalam situasi real, banyak sekali yang kami pelajari terutama bagaimana cara menghadapi masyarakat yang jarang terekspose dengan teknologi dan melihat permasalahan dari perspektif baru” Tutur salah satu anggota tim.

Kemenangan yang diraih oleh Tim Mahasiswa Sistem Informasi Telkom University Surabaya dalam Innovillage merupakan salah satu bukti nyata kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berani keluar dari zona nyaman, menerapkan ilmu yang mereka pelajari, dan menjadi agen perubahan dalam pembangunan bangsa.

Luar biasa bukan prestasi mahasiswa di jurusan Sistem Informasi Telkom University Surabaya? Jika kalian ingin tahu tentang project ini, kalian bisa mengunjungi instagram Connect Care Pediatrics disini. Penasaran dengan prestasi mereka yang lain? Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?