Rancangan UI/UX Aplikasi Smart IT MarineWise Ciptaan Mahasiswa Sistem Informasi ITTS Berhasil Meraih Juara 2 di UNS Tahun 2023

Tiada henti menorehkan prestasi, mahasiswa Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom Surabaya kali ini meraih juara 2 tingkat nasional pada acara Smart IT Fest yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret pada kategori UI/UX tahun 2023. Acara ini diikut sertai oleh berbagai universitas di Indonesia. Tim Novalabs yang beranggotakan Junanda Deyastusesa, Nur Azizah Rosidah, Rayhan Alif F, serta dibimbing oleh dosen Rosyid Abidillah, S.Si., M.Kom. Terdapat fakta menarik mengenai tim ini, mahasiswa yang ikut serta dalam acara ini merupakan mahasiswa Sistem Informasi angkatan tahun 2022.

Mereka membuat sebuah inovasi pada bidang teknologi yang diberi nama MarineWise, ini merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi IoT dan AI untuk membantu nelayan dalam mencari ikan, navigasi kapal, dan memberikan peringatan dini mengenai kondisi laut secara real time. Aplikasi ini berbasis mobile, meskipun saat ini masih berupa UI/UX mereka berencana untuk terus mengembangkan ide tersebut dengan mencari data real dari expert pada bidang pelayaran, agar aplikasi ini dapat digunakan nelayan dalam membantu pekerjaannya.

Pada aplikasi ini Junanda dan Rayhan fokus untuk dapat mendesain aplikasi ini secara optimal, sedangkan Nur Azizah mengerjakan analisis bisnis dan User Experience. Dalam merancang ide ini, mereka juga dibimbing oleh dosen Sistem Informasi yang kompeten dalam bidang UI/UX. Beliau adalah bapak Rosyid Abidillah, S.Si., M.Kom yang membimbing tim ini agar dapat mendapatkan hasil yang optimal dalam acara ini. Beliau mengatakan “Kendala yang dihadapi tim secara teknikal semua bisa teratasi, hanya saja kemampuan public speaking yang kurang merata sehingga butuh dilatih dan dikembangkan lagi”.

Mereka sangat senang dan bangga bisa meraih juara 2, apalagi dapat mengalahkan universitas yang terkenal di Indonesia. Namun mereka sedikit kecewa karena belum bisa meraih juara 1. Hal ini tidak mematahkan semangat mereka untuk terus berkembang dan jika ada kesempatan lain mereka akan tampil maksimal dan berusaha sekuat mungkin untuk mendapat juara 1.

“Pesan untuk mahasiswa lainnya untuk sering melihat informasi lomba yang ada, lalu terus asah keterampilan, dan jika nanti hasilnya belum sesuai yang diharapkan tetap harus semangat dan mencoba lagi serta mengevaluasi hal apa yang membuat kita gagal”, tutur Junanda via WhatsApp. Wah keren bangetkan mahasiswa di prodi Sistem Informasi penuh semangat untuk meraih prestasi. Ingin tau prestasi apa saja yang sudah diraih oleh prodi Sistem Informasi? Kalian bisa klik disini.

(BCS)

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?