SI BERBAGI : Komitmen Dalam Kebaikan

Sabtu, 16 Maret 2024, Program Studi Sistem Informasi Telkom University Surabaya kembali mengadakan kegiatan “SI BERBAGI”. Kegiatan yang digelar di bulan Ramadhan ini merupakan wujud nyata dari semangat kepedulian sosial dan kebersamaan yang tertanam kuat di antara mahasiswa, dan para dosen.

SI Berbagi merupakan salah satu program di bulan Ramadhan yang dimana seluruh civitas akademik Prodi Sistem Informasi mulai dari mahasiswa hingga dosen mengadakan 3 acara dalam 1 hari, yaitu bakti sosial, berbagi takjil, buka bersama. Dalam kegiatan ini, seluruh komunitas akademik SI berupaya untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat. Kegiatan ini mendapat dana dari donasi yang dikumpulkan dari berbagai donatur.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh angkatan Program Studi Sistem Informasi Telkom University Surabaya ini, menunjukkan solidaritas mahasiswa SI dalam menjalankan nilai-nilai sosial dan keagamaan. Mahasiswa seluruh angkatan yang turut berpartisipasi aktif, menunjukkan komitmen mereka dalam mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan. Maka dari itu, kegiatan SI Berbagi Ini tidak hanya sebuah agenda rutin, tetapi juga momentum bagi seluruh civitas akademi untuk bersatu dalam berbuat kebaikan.

Kegiatan pertama pada SI BERBAGI adalah bakti sosial, pada kegiatan ini mahasiswa SI membagikan beberapa sembako seperti beras, minyak, mie instan, telur, gula dan baju bekas yang masih layak pakai. Sembako dan baju bekas tersebut disalurkan ke 4 panti asuhan yang berada di sekitar Universitas Telkom Surabaya, antara lain Panti Asuhan Mahbubiyah, Panti Asuhan Baitun Nur, Graha Yatim Dhuafa, Panti Asuhan Al-Ikhlas. Selain itu, pada kegiatan ini mahasiswa Sistem Informasi juga mengadakan permainan interaktif dengan anak-anak panti asuhan untuk meningkatkan keceriaan dan keseruan.

Selanjutnya, ada kegiatan berbagi takjil. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa SI di sekitar Jalan Ahmad Yani Surabaya saat menjelang jam berbuka. Kegiatan ini disambut gembira oleh para pengendara. Terbukti meskipun lalu lintas sedang ramai, namun masyarakat masih tetap tertib dalam mengantri. Ada banyak antrian kendaraan yang ingin mendapat takjil mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Setelah itu, tibalah pada puncak kegiatan yaitu berbuka puasa bersama. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars Telkom University. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wakil  Direktur 2, Kaprodi Sistem Informasi, dan Ketua Pelaksana Kegiatan SI BERBAGI. Lalu ada tausiah dari salah satu dosen Sistem Informasi Telkom University Surabaya yaitu Bapak Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM sembari menunggu adzan magrib berkumandang.

Setelah adzan magrib berkumandang, kegiatan makan takjil bersama dilaksanakan sebelum dilanjutkan sholat magrib berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama. Pada kegiatan buka bersama ini, suasana kebersamaan semakin terasa. Semua mahasiswa menyambut acara ini dengan bahagia dimana para mahasiswa bisa mempererat tali silaturahmi. Kegiatan ini ditutup dengan dokumentasi, kesan pesan para mahasiswa selama kegiatan, dan penutup

Melalui kegiatan SI BERBAGI, mahasiswa dan dosen Jurusan Sistem Informasi Universitas Telkom Surabaya menunjukkan komitmen mereka dalam mewujudkan nilai sosial dan keagamaan serta mempererat hubungan antar masyarakat sekitar. Semoga kegiatan rutin SI BERBAGI ini bisa terus dilakukan dan membawa manfaat yang lebih besar bagi semua pihak.

Wah, menarik ya kegiatan rutin SI Berbagi ini, dalam kegiatan ini mahasiswa bisa berbuat kebaikan kepada masyarakat. Penasaran dengan kegiatan lainnya dari Jurusan Sistem Informasi? Kalian bisa cek disini.

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?