Webinar : Mengungkap Modus Penipuan Digital dalam Bentuk Website Komik

Beberapa waktu lalu, ITTelkom Surabaya kembali melaksanakan upaya pengabdian masyarakat melalui beberapa dosen prodi Sistem Informasi dan tim mahasiswa. Kali ini, topik pengabdian masyarakat yang diangkat adalah pengembangan website komik “White Swindler” untuk mengungkap modus-modul penipuan digital. Terdapat berbagai dorongan atau urgensitas yang menyebabkan dilakukannya pengabdian masyarakat ini, salah satunya adalah semakin maraknya berita dan kasus penipuan digital di tahun 2023, sementara penyampaian terkait informasi tersebut masih belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, hal tersebut mendorong pembuatan website komik agar dapat menjangkau masyarakat muda, dimana informasi disampaikan dengan cara yang jauh lebih menarik yaitu melalui visual dan tidak hanya membaca saja.

Pengabdian masyarakat ini tidak akan terwujud dengan baik tanpa adanya kerja sama, baik antar dosen maupun tim mahasiswa. Dosen prodi Sistem Informasi yang tergabung pada kegiatan ini antara lain yaitu, Purnama Anaking, S.Kom, M.Kom, Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM dan Rosyid Abdillah, S.Si., M.Kom. Sementara itu, untuk tim mahasiswa yang ikut andil dalam pengabdian masyarakat ini antara lain yaitu, Muhammad Zidan Darmawan, Vanisa Nurindah Sari, Aisyah Nabila Zahra, Muhammad Fachrudin, Alfina Ayu Puspitasari.

Kemudian, pada 25 November 2023 telah selesai dilakukan Webinar dalam rangka memperingati Hari Guru dengan judul “Webinar Memperingati Hari Guru : Mengungkap Modus Penipuan Digital Dalam Bentuk Website Komik”. Webinar ini cukup antusias dihadiri oleh peserta dari beragam daerah di Indonesia dan mendapatkan respon yang juga luar biasa dari warga Surabaya sendiri. Terlebih karena momennya bertepatan dengan hari guru, terdapat beberapa pengajar yang turut hadir dalam event tersebut. Terdapat 2 pembicara pada event webinar tersebut, yaitu Muhajir Sulthonul Aziz, S.Kom., M.I.Kom., selaku ketua Relawan TIK Surabaya dan Alfina Ayu Puspitasari selaku perwakilan tim pengabdian masyarakat ITTelkom Surabaya.

Alfina menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan kesan yang cukup informatif, terutama ketika menjadi anggota tim penemuan, karena selain mencari dan menemukan kasus, secara tidak langsung juga dapat belajar banyak hal baru. “Ide-ide keren yang disampaikan oleh teman-teman yang membuat komik memberikan banyak insight baru terkait media pembelajaran dan informasi.” tambahnya ketika ditanya terkait kesan dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini.

Selain itu, sebagai pembicara di event webinar tersebut, tentu memberikan kesan tersendiri pada Alfina. “Selaku perwakilan dari tim pengmas, saya harus bisa membawakan website buatan tim ini agar dapat diminati dan dikenal oleh peserta webinar, atau bahkan disebarkan ke yang lain. Namun, secara keseluruhan, acaranya seru!” tuturnya lagi ketika menceritakan tentang hal-hal menarik pada kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, khususnya tentang bagaimana kesan ketika menjadi pembicara pada webinar.

Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.Kom., M.IM, selaku ketua dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menyampaikan bahwa ide yang diusung pada pengmas ini akan terus dikembangkan dengan keberlanjutan pada hal-hal yang lain, seperti pendanaan-pendanaan baik internal maupun eksternal kampus terhadap pengembangan website yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. “Pengabdian masyarakat ini tidak hanya akan berhenti disini. Memang ini sekedar inisial yang akan dimasukkan berbagai muatan dari aspek bidang penelitian seperti UI/UX, software development, social engineering, social computing, dan aspek humanity seperti keterlibatan seluas mungkin dengan masyarakat melalui RTIK, pejabat desa, komunitas-komunitas, dan seterusnya. Maka dari itu, selanjutnya akan diajukan ke berbagai kesempatan pendanaan baik dari internal kampus maupun hibah luar kampus, atau perlombaan yang mengandung uang pembinaan.” sambungnya lagi terkait harapan terhadap pengabdian masyarakat ini kedepannya.

ITTelkom Surabaya akan terus berinovasi, berkarya dan memberikan aksi-aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. Nah, apabila tertarik untuk bergabung dengan ITTelkom Surabaya, bisa cek disini. Sementara itu, informasi-informasi lengkap mengenai prodi Sistem Informasi ITTelkom Surabaya dapat diakses disini, ya!

Open chat
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?